Pelatihan Pendamping Keilmiahan FMIPA ITS 2015

1443148939881 1443148959701 1443148944622

Sabtu lalu, 19 September 2015 BEM FMIPA ITS mengadakan sebuah pelatihan yang ditujukan untuk pendamping keilmiahan masing-masing jurusan di FMIPA ITS. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang delegasi elemen keilmiahan dari masing-masing himpunan. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal ilmu yang cukup kepada para pendamping keilmiahan yang ada untuk mengarahkan dan menghidupkan iklim keilmiahan di masing-masing himpunan. Registrasi dimulai pukul 6.30 WIB dilanjutkan pembukaan oleh Ketua Panitia dan KaBEM FMIPA ITS periode 2015/2016 pada pukul 07.30. Materi yang diberikan dari Trainer Keilmiahan Accelerator ITS yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diharapkan yaitu Hakikat dan Wewenang Pekil, Format Karya Tulis, Teknik Pendampingan dan Motivasi menjadi Elemen Keilmiahan ITS. Dari materi yang diberikan, peserta diharapkan dapat memberikan pendampingan yang sesuai terhadap mahasiswa di himpunan yang ingin belajar seluk beluk keilmiahan dan karya tulis terutama pendampingan terhadap mahasiswa baru. Di akhir sesi, diadakan pula simulasi total oleh peserta. Para pendamping keilmiahan ini diberikan 1 bendel proposal PKM dengan berbagai bidang karena fokusan pertama pelatihan ini adalah untuk mendampingi pelaksanaan PKM 2016. Mereka diminta mengoreksi PKM yang ada dan memberikan pengarahan satu sama lain. Diskusi poin-poin dalam PKM ini berlangsung selama kurang lebih 45 menit kemudian dilanjutkan presentasi hasil diskusi. Dalam presentasi ini, mereka menjabarkan alasan-alasan format dan kesesuaian isi dengan sub materinya. Mereka juga mengambil poin penting yang harus ada dalam ide dan judul setiap bidang PKM.

Setelah pelatihan ini semoga iklim keilmiahan di FMIPA semakin berkembang. Tanpa dukungan dan bantuan elemen Ristek HMJ, Pendamping Keilmiahan FMIPA, Klub Keilmiahan HMJ dan seluruh mahasiswa FMIPA, keilmiahan FMIPA tidak akan berkembang seperti saat ini. Mari bergerak bersama mewujudkan keilmiahan FMIPA yang semakin baik karena MIPA adalah “center of research”. Jayalah keilmiahan FMIPA !!!

Vivat MIPA !!

Hidup MIPA Hidup ITS, Jaya MIPA Jaya ITS, Bubar MIPA Bubar ITS

Vivat !!!

Hidup ITS Hidup ITS Hidup ITS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>